Laman

Kamis, 25 Oktober 2012

Borussia Dortmund vs Real Madrid 2-1: Kutukan di Tanah Jerman

 
Borussia Dortmund vs Real Madrid 2-1: Kutukan di Tanah Jerman

Sebuah gol dari Cristiano Ronaldo tak cukup membantu timnya meraih kemenangan. Bertandang ke Signal Iduna Park dalam lanjutan Liga Champion pada Kamis, 25 Oktober 2012, Los Blancos harus menerima pil pahit lewat hasil pertandingan Borussia Dortmund vs Real Madrid 2-1. Robert Lewandowski dan Marcel Schmelzer menjadi pencetak skor Real Madrid vs Borussia Dortmund. Hasil Liga Champions antara Dortmund vs Madrid ini adalah yang terburuk bagi Real Madrid dalam tiga pertandingan mereka yang dilalui di Grup D, Grup Neraka.

Dalam pertandingan Real Madrid vs Borussia Dortmund, Jose Mourinho kembali memainkan kuartet pertahanan alternatifnya, dengan mengandalkan Sergio Ramos dan Michael Essien sebagai bek sayap. Cristiano Ronaldo ditriokan dengan Mesut Ozil dan Angel Di Maria untuk membantu Karim Benzema. Tuan rumah sendiri, yang memperagakan formasi serupa dengan tim tamu, berharap pada trio Jerman: Mario Gotze-Kevin Grosskreutz-Marco Reus.

Dua tim yang sama-sama mengandalkan kecepatan dan kekuatan fisik, beradu. Dortmund dan Real Madrid berbagi ball possessions. Berbagi pula urusan ancaman ke gawang. Krisis cedera di kubu Madrid tampak bertambah ketika pada menit 19, Sami Khedira yang kehadirannya ‘agak dipaksakan’ tak kuasa lagi menahan cedera. Luka Modric pun dimasukkan Jose Mourinho. Membuat secara teknis Madrid bermain dengan 2 playmaker.

Tuan rumah memecah kebuntuan di menit 36. Pepe melakukan kecerobohan fatal dengan menyodorkan umpan tanggung. Sebastian Kehl memotong bola dan menyodorkan umpan pada Robert Lewandowski. Penyerang Polandia berlari dan berlari, meninggalkan para bek Madrid, lalu melepaskan tembakan yang tak terbendung Iker Casillas.

Ketika Borussia Dortmund mengira peruntungan mereka melawan Madrid berubah, ketika itu pula mereka tercekat. Selang dua menit, Mesut Ozil mengirimkan umpan terobosan lambung yang demikian cantik. Cristiano Ronaldo tidak butuh mengontrol bola. Satu sentuhannya cukup untuk membuat aksi Roman Weidenfeller maju menutup ruang tembak, sia-sia. Ini adalah gol kelima CR7 hanya dalam tiga pertandingan Liga Champions.

Sentilan media atas penampilan Iker Casillas, tampaknya direspons dengan baik oleh kapten Real Madrid. Setelah clean sheet saat menjamu Celta Vigo (2-0), di Signal Iduna Park, Casillas membuat Madridistas tenang memiliki seorang ‘santo’ seperti dirinya. Beberapa penyelamatan penting dilakukan Iker untuk meminimalisasi skor.

Itu terjadi hingga menit 64. Umpan silang Mario Gotze terlalu berbahaya bagi Iker Casillas hingga ia memblok bola. Ketika Sergio Ramos berusaha mengejarnya, di sana sudah ada Marcel Schmelzer. Tendangan kaki kirinya melesak ke sudut kiri gawang Madrid untuk kembali membawa Dortmud unggul.

Tertinggal dan kalah jumlah tembakan, Jose Mourinho melepas Gonzalo Higuain untuk mengganti Karim Benzema di menit 74. Namun segala macam upaya Real Madrid kandas di tanah Jerman. Tanah inilah yang membawa kutukan bagi Los Blancos. Kini, total 24 laga berlalu, cuma sebiji kemenangan yang didapatkan atas tim Bundes Liga Jerman kala bermain di kandang lawan. Bulan madu Jose Mourinho di Liga Champions berakhir, dan inilah alasan utama mengapa Grup D disebut Grup Neraka.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): 1-R. Weidenfeller; 26-L. Piszczek, 15-M. Hummels, 4-N. Subotic, 29-M. Schmelzer; 5-S. Kehl, 6-S. Bender (8-Gundogan ’67); 19-K. Großkreutz, 10-M. Götze (23-Schieber ’86), 11-M. Reus (44-Perisic ’90); 9-R. Lewandowski

Pelatih: Juergen Klopp

Real Madrid (4-2-3-1): 1-Casillas; 4-Sergio Ramos, 2-R. Varane, 15-M. Essien; 14-Xabi Alonso, 6-S. Khedira (19-Modric ’20); 22-A. di María, 10-M. Özil, 7-Cristiano Ronaldo; 9-K. Benzema (20-Higuain ’73)

Pelatih: Jose Mourinho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar