Laman

Senin, 22 Oktober 2012

Perjalanan Satu Dekade Wayne Rooney


Perjalanan Satu Dekade Wayne Rooney

Pada laga kontra Stoke City, Sabtu (20/10), sebuah gol bunuh diri Wayne Rooney sempat membuat publik Old Trafford khawatir. Namun, dia membayar lunas kesalahannya dengan catatan brace yang membuat Manchester United menang 4-2.

Kembali ke 10 tahun lampau. Catatan emas juga ditorehkan Rooney. Lima hari jelang ulang tahunnya yang ke-17, Rooney mencetak gol kemenangan Everton atas Arsenal. Sekedar informasi, gol tersebut merupakan kali pertama untuknya pada pentas Premier League.

Berikut rangkaian momen penting dalam karier Wayne Rooney.

19 Oktober 2002: Akhiri Kesempurnaan The Gunners
Pada usia yang belum genap 17 tahun, Rooney menjadi sosok antagonis untuk pendukung Arsenal. Betapa tidak, pada menit ke-90 tendangan kerasnya dari jarak 25 yards berhasil memupus asa The Gunners di Goodison Park. Gol tersebut sekaligus mengakhiri rekor tak terkalahkan Arsenal dalam 30 pertandingan.

18 Januari 2003: Penanda Karier Profesional
Dua pekan setelah tahun baru menandakan karier Rooney sebagai pebola profesional. Dia pun mencatat pemain muda dengan gaji tertinggi kala itu. The Toffees memberikan bayaran 14 ribu pounds per pekan.

Agustus 2004: Hengkang ke Old Trafford
Pasca penandatanganan kontrak anyar, kesejahteraan Rooney memang meningkat. Akan tetapi, hal itu tak dapat menghalangi kepindahannya ke Manchester United. Manajemen Setan Merah rela menebus seorang pemuda 18 tahun dengan mahar 27 juta pounds.

September 2004: Hat-trick pada Laga Debut
Sebulan berselang, tinta emas langsung ditorehkan Wayne Rooney. Pada partai Liga Champions kontra Fenerbahce, dirinya membukukan hat-trick. Rekor kembali tercipta. Dia menjadi pemain termuda yang mencetak trigol pada ajang Liga Champions.

24 April 2005: Penghargaan Pemain Muda Terbaik
Musim pertamanya di Old Trafford cukup impresif. Dia menjadi top skorer Setan Merah pada ajang liga domestik dengan torehan 11 gol. Tak heran, titel PFA Young Player of the Year (Pemain Muda Terbaik) berhasil direngkuhnya. Gelar tersebut kembali diraih Rooney pada musim berikutnya.

13 Mei 2007: Titel Premier League
Tiga tahun setelah berlabuh di Old Trafford, Rooney menggondol trofi Premier League untuk kali pertama. Kontribusi gol sang pemain pun cukup signifikan. Dia terpaut tiga gol dari top skorer Man. United, Cristiano Ronaldo.

21 Mei 2008: Double Winners
Catatan curriculum vitae Rooney kembali bertambah. Akhir musim 2007/08, dia membawa Man. United meraih gelar ganda. Pada partai puncak yang bertajuk all-England final, Setan Merah mengalahkan Chelsea melalui drama adu penalti.

29 Agustus 2009: Gol ke-100
Rooney kembali mencatat sejarah pada partai pekan ketiga Premier League kontra Wigan Athletic. Dua gol dia lesakkan pada partai yang berkesudahan dengan skor 5-0 itu. Rooney pun menjadi pemain ke-20 yang mencetak 100 gol untuk Manchester United.

22 Oktober 2010: Bayaran Termahal Dunia
Pernyataan mencengangkan dilontarkan agen Rooney pada Oktober 2010. Sang pemain menginginkan hengkang lantaran ragu pada ambisi klub. Namun, kontrak anyar berdurasi justru ditandatangani Rooney. Dia lantas menjadi pemain bergaji tertinggi di dunia dengan bayaran 250.000 pounds per pekan.

22 April 2012: Lampaui George Best
Dia mencatat brace pada laga kontra Everton. Dengan torehan tersebut, Rooney melampaui catatan 179 gol George Best dan Dennis Viollet. Kini, 183 gol telah dikoleksi Rooney, masih terpaut jauh dengan catatan 249 gol milik Bobby Chaltron.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar